Inilah Daftar Jurusan di Sekolah Menengah, Yuk disimak!

Inilah Daftar Jurusan di Sekolah Menengah, Yuk disimak! – Sekolah menengah di Indonesia terdiri jadi sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Dengan tingkat SMP, pelajar di Indonesia masih pelajari hal pada umumnya, dan belum ke arah ke sesuatu bidang secara detil.

Selanjutnya, dengan tingkat SMA atau SMK pelajar mulai diberi pilihan untuk pelajari beragam bidang secara detil melalui jalur-jurusan yang ada. Berikut jalur-jurusan yang berada di SMA dan SMK.

Jurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA)

SMA sebagai jenjang paling akhir pendidikan menengah yang dilakukan sepanjang 3 tahun. Berlainan dengan SMK yang memiliki banyak jurusan tertentu, SMA cuma ada tiga jurusan.

1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

IPA sebagai jurusan yang pelajari beberapa ilmu eksakta atau umumnya dikenali ilmu tentu. Ilmu eksakta ini memiliki sifat nyata, riil, dan bisa ditunjukkan melalui riset. Materi yang didapat di jurusan ini terkait dengan cara kerja lingkungan, ekosistem, hukum, dan makhluk hidup didalamnya. Jurusan ini perdalam matematika, maka dari itu jurusan ini mempunyai nama alias, yaitu MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

IPS sebagai jurusan yang pelajari ilmu non-eksakta, maknanya ilmu yang dipelajari tidak jelas dan berbeda bersamaan dengan peralihan yang terjadi di masyarakat. Mata pelajaran yang dipelajari di IPS salah satunya mencakup pelajaran sosiologi atau ilmu yang pelajari tentang warga; geografi, yang pelajari tentang kejadian dan karakter bumi dan hubungan dengan makhluk hidup. Disamping itu, ada pula ilmu ekonomi yang pelajari kegiatan manusia, seperti proses produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

3. Bahasa

Jurusan bahasa di SMA bukan hanya pelajari bahasa dan sastra Indonesia secara dalam saja, tapi juga akan pelajari banyak bahasa asing, bergantung tersedianya guru di sekolah itu. Bahasa asing itu mencakup bahasa Jerman, Jepang, Inggris, Mandarin, dan Arab.

Tersebut tiga jurusan yang bisa diputuskan pelajar di SMA. Tetapi, pada kurikulum tahun 2022 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan mengaplikasikan kurikulum arketipe atau Kurikulum Merdeka. Pada kurikulum ini pelajar SMA tak lagi digolongkan berdasarkan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Tahun ke-2 di SMA, pelajar bisa memilih mata pelajaran sesuai apakah yang disukainya.

Peraturan itu memetik kontra dan pro dari beragam pihak. Dikutip dari Inews, Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Panut Mulyono mengatakan, peraturan kurikulum ini akan membuat pelajar harus belajar extra saat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Masalahnya kurikulum itu jadikan pelajar tidak konsentrasi dalam tentukan nilai kemampuan dasar untuk perbekalan masuk PTN. Walau sebenarnya, kemampuan dasar ini dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan belajar ke program studi yang nanti akan diputuskan.

Jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

SMK sebagai tingkat pendidikan yang sama dengan SMA. Hal yang membandingkannya dengan SMA, di SMK ada beberapa jurusan yang detil pelajari sesuatu bidang. Dimulai dari kecantikan, boga, teknik, bisnis dan marketing, keuangan dan perbankan, sampai multimedia. Disamping itu, di SMK bukan hanya pelajari teori. Pelajar akan dikasih peluang untuk praktek langsung di industri saat kelas 11. Berikut jurusan umum dan banyak disukai di SMK.

1. Akuntansi

Jurusan akuntansi jadi jurusan dengan grade paling tinggi di SMK. Di jurusan ini pelajar akan pelajari dengan detil berkenaan ilmu akuntansi. Pelajaran yang ada di jurusan ini mencakup aplikasi pengolah angka, akuntansi dasar, perbankan dasar, praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufacturing, praktikum akuntansi lembaga/lembaga pemerintahan, dan lain-lain. Prospek profesi di jurusan ini juga bagus, hingga jurusan akuntansi selalu banyak pecintanya.

Baca Juga : Daftar 6 Jurusan SMK yang Cocok untuk Wanita

2. Administrasi Perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran pelajari tentang tata urus perkantoran seperti membuat surat, mengarsip document, dan lain-lain. Karena itu mata pelajaran yang ada di jurusan ini mencakup replikasi dan komunikasi digital, ekonomi bisnis, administrasi umum, teknologi perkantoran, kearsipan, mekanisasi tata urus kepegawaian, dan lain-lain.

3. Multimedia

Di zaman digital sekarang ini, kemampuan komputer dan informatika benar-benar diperlukan di beberapa industri. Karena itu jurusan multimedia banyak disukai. Di jurusan ini pelajar akan pelajari tentang desain grafis percetakan, peningkatan multimedia, peningkatan game, produksi sinema dan film, teknik animasi 2D dan 3D, teknik pemrosesan video dan audio, produk kreatif dan kewiraswastaan, desain media interaktif, sistem komputer dan pemrograman dasar.

4. Teknik Otomotif

Belajar dalam jurusan teknik otomotif, pelajar akan memiliki prospek kerja sebagai perakit kendaraan yang diperlukan perusahaan otomotif di Indonesia. Di jurusan ini terdaparlt pelajaran sekitar teknik otomotif, beberapa dasar mesin, teknologi dasar otomotif, pekerjaan dasar teknik otomotif, perawatan mesin kendaraan ringan, perawatan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan, perawatan kelistrikan kendaraan ringan, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *